Selasa, 07 Juli 2015

[Dari Dapur Nyah Ben] Keranjingan Telur Gulung






Yang namanya jajan makanan matang, anak lanang kesayangannya Nyah Ben bisa dibilang jaraaang banget. Sesekali masihlah jajan cimol, cilok, siomay, bakso cuanki, burger, kebab, batagor, sosis panggang, ngangkring sama bapaknya nyomot sate usus, de el el. Eh... ternyata lengkap juga daftarnya ya? Hihihi... Maksudnya jarang tuh ya, nggak tiap hari juga beli makanan gituan. Bisa bangkrut nganggur emaknya ini.

Sebetulnya di dekat rumah ada SD yang di depannya banyak pedagang jajanan matang. Sosis goreng, telur gulung, sate usus, sosis panggang, nugget, cilok, cimol, gorengan, dan entah apa lagi. Tapi berhubung biasanya dia pulang sekolahnya sore, tentunya semua pedagang di situ sudah bubar jalan dari siangnya. Jadi nggak ada kesempatan untuk ‘jajan sembarangan’ di situ.

Belakangan ini dia lagi keranjingan sama telur gulung. Di SD tersebut di atas ada yang jual, tapi anak lanang kenalnya sama telur gulung justru jauh-jauh di Summarecon Bekasi pas ikutan ngintipin food festival. Itu juga sudah beberapa bulan lalu. Lha kok akhir-akhir ini baru ingat lagi sama yang namanya telur gulung itu.

Beli matengan kok nggak sreg di hati ya? Minyaknya kurang terjamin, proses bikinnya juga entah, pengolahan bahannya juga siapa tahu banyak vetsinnya. Akhirnya demi mengakomodasi impian anak lanang untuk makan telur gulung yang higienis, Nyah Ben terpaksa mantengin mbah gugel plus yutub buat cari resep dan caranya bikin.

Ealaaah... Ternyata ngglethek cuma gitu thok. Bahannya juga di dapur ada semua (kecuali tusuk sate. Dibelain ke pasar beli tusuk sate dapet seplastik gede harganya cuma 8500 perak). Cara bikinnya juga akhirnya anak lanang piawai juga sampai bisa kemluthik masak sendiri. Telur sebutir bisa jadi 7 tusuk. Ditaburi bubuk cabe kering berbumbu nggak cukup 7 tusuk itu masuk ke perutnya.

Akibatnya?

Sekarang jadi harus sering-sering beli telur ayam. Keranjang telur di meja dapur cepet banget kosongnya. Padahal kan telur ayam ganti harga terus nyaris tiap hari. Tapi apa sih yang lebih indah daripada melihat ada yang segitu puasnya sudah bisa bikin telur gulung sendiri?

Satu hal lagi yang harus disyukuri Nyah Ben : untung anak lanang nggak ada bakat bisulan.

* * * * *

4 komentar: