Jumat, 15 Juli 2016

Buat Apa Minta Maaf?





Beberapa waktu lalu saya 'ditegur' keras sama salah seorang sahabat saya. Dia bilang saya ini sudah terlalu sabar jadi orang. Dia gregetan sendiri  liat saya 'woles' walopun di luaran sana kayaknya nama baik saya sudah jatuh karena dianggap ngawur menuduh oknum dengan 'yang enggak-enggak'.

Jujur, saya nggak terlalu peduli karena saya yakin ada kebenaran yang derajatnya jauh lebih tinggi daripada yang saya pertahankan itu. Kebenaran yang sebenar-benarnya. Kebenaran yang hanya oknum, saya, dan Yang Di Atas yang tahu sejarahnya. Adapun saya 'berani' menuduh orang lain soal 'yang enggak-enggak' itu, karena saya punya bukti dan kronologinya. Sesuatu yang nggak akan saya beber semarah apa pun saya, karena saya masih nggak tega lebih merusak lagi nama baik oknum yang mungkin justru sudah dirusak oleh dirinya sendiri.

Saya orang baik? Sama sekali bukan! Saya cuma mau berusaha meyakini bahwa 'kalau nggak mau dicubit, ya jangan nyubit orang lain'. Kalau saya yang dicubit? Ya saya maafkan. Apalagi kalo urusan sama oknum yang ada tanda positif baperan. Disenggol sedikit bisa remuk. Tapi kalo dicubit berkali-kali, memaafkan berkali-kali, ya malaikat-lah kalo saya nggak jadi marah. Apalagi cubitan yang terakhir bukan hanya cubitan biasa, tapi sudah merogoh 'rempelo' saya. Tapi sesungguhnya saya salah besar mengumbar emosi seperti itu. Karena apa? Yang saya hadapi bukan suatu hal yang berguna. Eh, berguna juga ding! Setidaknya saya bisa belajar bahwa saya harus berhati-hati memilih teman.

Sahabat saya yang geregetan itu menyesalkan 'kepolosan' saya dalam berteman. Jujur, saya selalu berusaha untuk berpikir positif dalam berteman. Berteman ya berteman saja, bukan mempertanyakan 'untuk apa?'. Sebetulnya sudah banyak pertandanya tapi saya tetap mencoba untuk berpikir positif. Bahkan orang lain pun bisa membaca pertanda itu, tapi saya mencoba untuk mengabaikannya. Kenapa? Karena saya masih berpikir 'mosok sih, teman bisa melakukan itu?'. Tapi ternyata... Jelas siapa yang bodoh di sini. Cuma satu. Saya thok. Nggak perlu wedhus ireng.

Ada maaf yang terucap. Tapi pikiran 'setan' di kepala saya tidak lagi mempercayai ucapan itu. Lha gimana mau percaya wong track record teori yang dibikinnya sendiri sama prakteknya sering nggak sinkron kok... Lantas saya tidak memberinya maaf? Salah. Saya memberinya. Bahkan jauh sebelum oknum memintanya. Saya malaikat? Sama sekali bukan. Saya cuma sekutu setan yang lebih memilih untuk jadi egois dengan berdamai dengan kondisi dan diri sendiri dengan berbuat memaafkan. Setelah itu oknum mau ngapain? Emang gue pikirin! Dan ternyata ketidakpercayaan saya itu benar.

Jadi, buat apa panjang x lebar x tinggi minta maaf kalo ternyata sampai detik ini pun kesalahan pokoknya tak disadari? Hanya buat syarat ketenangan hati? Hahaha... *ngakak ngglundhung* I'm so sorry to say : forgive, but not forget. Dan ternyata meminta maaf dan benar-benar menyadari kesalahan itu adalah hal yang berbeda.

Ada orang yang bisa dijadikan teman, ada juga yang tidak. Mungkin saya termasuk golongan 'tidak'.  Jadi... Terima kasih banyak pada semua teman dan sahabat yang sudah mendukung dan mempercayai saya. Kalian semua sudah tahu berapa 'panu dan kadas' saya miliki. Kalian sangat hebat karena sudah mampu bertahan sekian, berbelas, bahkan berpuluh tahun berteman dan bersahabat dengan saya yang cuma begini.

Soal kelakuan asli, watak dasar, dan kepribadian, tak perlu berkoar dengan segala cara bahkan sampai bikin drama untuk membuktikan segala macam 'kebaikan diri' dan posisi sebagai korban. Hanya perlu waktu untuk merekam kebenaran. Itu yang saya yakini.

Anda punya keyakinan lain? Silakan... Mohon maaf, saya tidak akan menanggapi yang mencoba mengail di air keruh.

Dah, gitu aja.

Selamat siang...




(An answer for one of my very best friends : Dulkenyut)

17 komentar:

  1. siip mbak.orang sabar pasti subur he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Pantesan saya susah banget kurusnya, Pak 😄

      Hapus
  2. aku garis bawahi yang ini aja :

    "Kalian sangat hebat karena sudah mampu bertahan sekian, berbelas, bahkan berpuluh tahun berteman dan bersahabat dengan saya yang cuma begini."

    coba si oknum ditanya, dia tu sahabatan paling lama berapa taun?
    kalo gak nyampe (minimal) belasan taun, ya perlu dipertanyakanlah...
    kenapa gak ada yang betah bersahabat ma dia ???

    kalo perlu sekalian introspeksi.
    kalo mau, sih...

    BalasHapus
  3. yipiiiie... hesteknya tetep ya yang waras ngalah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak... Lama-lama yang waras ini juga nggak sabar lagi, Neng. Udah nggak mempan dialusin.

      Hapus
  4. Temen kaya U itu langka Nya. Patut dijaga 'n dilestarikan sbg sahabat. Big no u/ terima perlakuan sekarep udel bodong.
    Mangkane ta jok heran lek akeh sing mbelani U. Masio U gak pernah cengeng mintak bantuan. Akeh sing gregeten nontok U kesabaren. Gak trimo Nya.

    Haes! Dungaren omonganku genah ngene yoh Nya? Wado gejala mendem getuk awak! Pamit ae es Nya. Praktek ndisek.

    BalasHapus
  5. Aq sajako yo gregeten kambek wolese pean mba cumak gawani ngomong qiqiqiqiqiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ta tambai sitik ya mb Lis.
      Pendeke gini:
      Aq cene blom lama kenal kambek pean.
      Tapi aq dewek isa liat pean ini yakpa.
      Pean itu lek koncoan ya koncoan ae cene.
      Gangarep apa".
      Maune enak sama enak.
      Gasaling ganggu.
      Gasaling manfaatno.
      Pean tau batesan.
      Rendah hati.
      Isa nghargain orang laen.
      Gasok kenal trus nglunjak gada reme.
      Pean mau denger lek disambati.
      Kadang" omongane pean cene kesane judes soro tapi pean tulus.
      Gapengen orang laen keblowok.
      Tenggang rasane pean gede soro.
      Lek barang kebacut baru isa bikin pean marah".
      Pean tetep manusia biasa pastie pernah punya salah.
      Tapie masio gitu ya pean gasegen mintak maaf.
      Mari gitu ya lebih ati" lagi gabikin salah" sing sama.
      Itu sing isa bikin orang nyaman koncoan kambek pean.
      Lek ada orang sing gatau diri ya isa bablasen ngira pean gampang diapak"no.
      Tapi itu bukan salahe pean mba.
      Mangkane bener katae papae arek".
      Akeh sing melok jengkel ngawasno pean ada sing tega merlakukno kayak gitu.
      Palagi pean ampek terluka berat ( kamuse rek ! )
      Melok loro soro mba liat pean digitukno kambek orang sing wes pean anggep konco apik.
      Gitu ae mba.
      Pean hebat tanpa pean pernah pamer ampek ngoyo.
      Peluk gae pean mba Lis.

      Hapus
    2. Duh... Sampe angel ngomong aku... 😐

      Dirimu terlalu tinggi memandangku, Nit. Aku cuma orang biasa yang punya emosi. Marah kayak itu ya jelas salah besar. Apa pun sebabnya.

      Tapi yang jelas, ada hukum sebab akibat. Aku nggak akan 'nyokot' kalo nggak diganggu secara keterlaluan. Karena pada dasarnya aku juga nggak mau ganggu orang lain. Diganggu itu nggak enak, makanya usahalah nggam ganggu orang lain. Hidup itu enak kalo saling menolong, bukan saling mengganggu. Kebanyakan omong itu ya malesi. Dikasih contoh nggak bisa niru, ya weslah, mau bilang apa lagi? 😉

      Wes ya? Kasus ditutup 😁

      Hapus
  6. Yg mengenal panjenengan sdh tahu siapa & bgmn panjenengan. Sdh tahu sebesar apa cinta panjenengan pd dunia literasi. Sdh tahu seteguh apa panjenengan memegang azas kejujuran & etika. Gusti mboten nate sare. Dgn cr apapun pasti ada jln utk membuka kebenaran. Maju trs jeng. Ttp sabar. Gusti tansah mberkahi. Salam dr seluruh klrg di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks! 😢 Jadi terharuuu... 😧
      Makasih banyak. Salam juga buat seluruh keluarga besar 🙋

      Hapus
  7. Hhmm maaf Tante, saya bener-bener minta maaf, besok diulang lagi, boleh kan? :D

    BalasHapus
  8. weeee.. mulai detik ini kita putuuussss pertemanan kita.



    #jijay aahhh punya temen panu dan kadasan.. hiiyy

    aku kan cuma kutuan :P

    BalasHapus