Sabtu, 18 April 2015

Bersahabat Dengan Fitur Nge-Block Di FB







Pengembang Facebook tentu saja sudah berpikir panjang ketika menyertakan fitur blocking pada Facebook. Fungsinya udah jelas dong! Buat menghilangkan akun-akun tak diinginkan dari ‘alam’ si pemilik akun.

Saya termasuk salah satu yang terbantu dengan adanya fitur nge-block ini. Pertama kali saya pakai fitur ini adalah ketika saya mem-block akun mantan saya yang stalking FB saya. Ampuh! Bahkan kemudian saya dapat info bahwa sampai sekarang dia mutung nggak FB-an lagi (sorry ya, Man... hihihi...).

Selanjutnya, saya pergunakan lagi fitur ini untuk menghilangkan atau mencegah akun-akun tertentu mengakses (lagi) akun FB saya. Sombong? Biarin! Saya toh punya alasan kuat untuk itu. Dan saya bukan type asal mem-block tanpa pikir panjang. Sedogol-dogolnya saya, mem-block akun orang lain itu perlu alasan yang cukup kuat.

Ok, alasan cukup kuat. Terus, apa saja alasan-alasan itu? Mari kita beberkan satu per satu!

1. Baru kenal udah nge-tag dagangan nggak jelas tanpa basa-basi
Kalau cuma ‘ndagang’ barang di wall-nya si pemilik akun sendiri itu sih OK-OK aja. Haknya, malahan... Tapi kalo udah mulai nge-tag tanpa kulonuwun, ya maaf... Apalagi kalo kita udah ngomong baik-baik soal keberatan tapi sononya bandel. Nge-tag lagi... Nge-tag lagi... Terpaksa fitur blocking saya pakai. Saya pernah bikin status soal ini kayaknya (di FB). Intinya, saya sama sekali nggak keberatan di-tag temen soal status yang menarik, link tulisan yang sesuai dengan minat saya (karya fiksi, seperti Bunda Siti Swandari hampir selalu nge-tag saya kalau sambungan cerbung beliau baru tayang. Makasih, Bunda... Peluuuk... Dan Mbak Imas Siti Liawati juga nyolek saya pas fiksi bersambungnya tayang di FB. Makasih juga, Mbak Imas... Peluuuk...), gambar yang lucu (bukan porno atau nggilani ya!), ucapan, pengumuman, dan lain-lain yang sekiranya sama sekali nggak berpotensi merusak kredibilitas saya sebagai IRT yang punya anak pra-ABG (halaaah...). Maksud saya soal kredibilitas ini, kalo bukan ortu/emak yang harus jadi contoh yang baik buat anak, lantas siapa lagiii?

2. Baru juga temenan udah masukin saya ke grup chatting nggak jelas
Nah... ini jujur, saya pernah kepeleset soal ini. Saya pernah mengirim pesan massal pada beberapa teman melalui FB Messenger. Dan apa yang terjadi? Ternyata pesan massal itu berhasil membentuk grup chatting! Omaigat! Saya bener-bener nggak tau soal ini. Tapi ketika saya menyadarinya, saya langsung minta maaf pada yang bersangkutan dan saya hapus grup chatting dadakan itu. Terus? Kenapa saya sampai perlu mem-block orang yang memasukkan saya ke grup chatting nggak jelas gitu? Karena orangnya sudah nggak mempan dikasih tau baik-baik. Dan saya masih dimasukkan lagi – dimasukkan lagi ke grup chatting nggak jelasnya dia itu. Repot ngasih tau lagi – ngasih tau lagi? Ya udah, klik aja blocking. Gampang kan?

3. Akun (baik jelas maupun abal-abal) yang berpotensi mengganggu pemandangan
Kadang-kadang akun seperti ini muncul sebagai mutual friend dari teman-teman (asli) di FB. Ada yang belum terhubung, ada yang udah terlanjur meminta pertemanan. Tapi saya ogah repot berurusan dengan akun-akun kayak gini. Potensi mengganggu pemandangannya lumayan gede. Apalagi kalo di medsos lain udah keliatan banget record-nya kalo si pemiliknya rada ‘nggak beres’. Bukan temen aja kadang-kadang ngepoin, apalagi kalo dia punya akses ke akun FB saya walopun akun saya juga nggak ada apa-apanya. Mohon maaf ya... Anda terpaksa saya block sebelum kenal...

4. Akun penipu
Contohnya nih, akun yang pasang gambar bule cakeeep bangeeet yang ngakunya dari US Army. Atau akun nggak kenal yang namanya alay dan pasang foto artis terkenal luar negri. Udah pasti penipuuu... Nggak bisa ditawar lagi deh!

5. Awalnya teman, tapi lama-lama kok nggilani
Nah... mem-block akun seperti ini sebetulnya berdasar pada perasaan saja. Bisa jadi pertamanya saya kira orang baik-baik walopun alarm di kepala saya udah mengingatkan, nggak taunya seiring perjalanan waktu makin keliatan kalo dia hobi juga menusuk kawan sendiri dari belakang. Atau omongannya nggak sesuai sama kelakuannya. Atau omongannya (sok) bijak tapi kelakuannya kayak ular. Bilangnya jangan suka merayu istri orang lain, tapi di medsos panggil istri orang lain dengan ‘sayang’, beib’, ‘say’, dan sebangsanya (keliatannya bercanda, tapi apa ya pantas kalo orang ngakunya pendidik tapi berlaku begitu?). Licik dan norak, kalo boleh saya bilang. Atau bisa juga orang yang hobinya cari muka melulu. Di sana bilang ‘gitu’, di sini bilang ‘gini’ yang ‘berlawanan sama ‘gitu’ itu tadi. Nanti di sono ngomongnya udah lain lagi. Atau oportunis, pingin selalu di-‘wah’ orang lain. Nah... daripada kebanyakan cingcong, ya udah klik block lagi.

Apa lagi ya? Udah segitu aja dulu kayaknya.

Kalo cuma berbeda pendapat, berbeda jalan pikiran, berbeda pandangan hidup, asal nggak saling menganggu, saya sih ayo aja. Nggak sampai melakukan blocking. Nggak perlu itu sih, kalo buat saya. Nggak pingin tau ‘kesesatannya’, ya udah unfollow aja, atau skip aja ocehannya. Selama nggak jadi / berpotensi jadi ‘pengganggu pemandangan’ ya biarin aja.

Hidup ini udah ruwet dengan berbagai masalah. Adanya Facebook tentu bermanfaat positif kalau kita mau menggunakan dan menjaganya tetap positif juga. Bisa membuat hidup jadi lebih bercorak dan berwarna. Dan saya memilih untuk bersahabat dengan fitur blocking itu untuk membuat hidup saya berjalan lebih positif, bercorak, dan berwarna lebih indah.


* * * * *


15 komentar:

  1. Tpik yang bisa jadi cerpen nih .... hehehehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... bikin aja cerpennya, Mbak... Makasih mampirnya ya...

      Hapus
  2. ...sayah mojok aja sambil gemeteran, Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah Mas Ryan kok gemeteran? apa lagi mutih he he he

      Hapus
    2. Ngakak baca komennya Mas Ryan... Makasih mampirnya ya...

      Hapus
  3. umak umik sambil berdoa...semoga nggak kena block mbak lis

    met wiken mbake :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya enggaklah, Mbak Avy... Kita kan berteman baik...
      Makasih singgahnya ya...

      Hapus
  4. nomer 4 tuh aku pernah...
    tapi dia meneng klakep setelah aku bilang aku ini pegawai pemerintah yang bisa mendeteksi keboongan dia...
    setelah itu ganti dia yg meng-'unfriend' aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... keliatan kalo maksudnya udah nggak bener tuh...
      Makasih mampirnya ya, Jeng...

      Hapus
  5. semoga mba Liz sehat terus, tambah lancar rezekinya, thoyib dan barokah..Aamiin :)

    Fitur Block memang bermanfaat, Mba Liz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya...
      Makasih atensinya ya, Mas Agung Soni...

      Hapus
  6. Mbak, saya jangan diblog di fb ya...diblog kalo lagi main voli aja he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Kalo main voli saya yang ngglundhung, Bu...
      Makasih singgahnya ya...

      Hapus
  7. Ga da akun fb. Whatsapp jok diblok yo mba! Qiqiqiqiqiq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nek dirimu tak'block, trus aku ngerumpi mbek sopo harah, Nit???
      Suwun mampire yo...

      Hapus