Sabtu, 04 April 2015

Di Balik Layar Memburu Mr.Right







Hampir selalu ada kisah di balik cerbung yang saya tulis. Pada cerbung Memburu Mr.Right ini, ada beberapa orang yang mengungkapkan bahwa 'oh... ini tuh si itu ya?', 'si itu kok mirip si ini sih?', 'lho, si anu kok kayak aku yaaa?', 'kalo aku baca kok jadi bayangin si ono kayak si inu?', dan masih banyak lagi. Ada yang diungkapkan lewat kolom komen, ada juga yang langsung via japri. Dan semua itulah yang membuat saya menulis tentang ini.

Ide cerbung ini saya sudah lupa dapatnya kapan dan di mana. Kalau nggak salah saya sudah mulai pada saat menggarap bagian-bagian akhir cerbung Cygnus (cerbung kolab dengan Mbak Dyahrina, sekarang tayang ulang di blog milik Mbak Dyah dengan judul Kedai Angsa). Tapi yang namanya 'mulai' itu buat saya nggak langsung menulis, tapi ngumpulin dulu referensi dengan memanfaatkan segala sumber info yang ada. Ketika semuanya saya rasa cukup lengkap, barulah saya mulai menulis.

Jujur, beberapa orang yang saya kenal 'terpaksa terlibat' dalam cerbung ini. Saya ambil karakternya, saya ambil pengalamannya, saya ambil gambaran fisiknya, saya ambil namanya (pinjem nggak pakai ngomong dulu sama yang punya nama. Hasilnya saya terkena ‘ancaman’ mau dikirimin invoice royalti, hihihi...). Semua saya olah lagi menjadi sesuatu yang baru sehingga fiksi tetaplah fiksi. Menyadur berbagai kejadian, pengalaman, dan kisah hidup nyata, tapi tetaplah jadi fiksi yang tidak nyata karena lebih banyak memainkan imajinasi.

Persahabatan ala Tetra-G itu ada dan salah satu anggotanya adalah saya sendiri. Aslinya cuma 3 orang, dan tokoh tambahan Windy saya comot dari karakter salah seorang teman saya yang saya ramu lagi menjadi Windy fiktif. Tokoh Erin pada awalnya adalah ABG laki-laki, tapi saya banting setir menjadikannya seorang gadis muda yang karakternya saya ambil dari salah seorang sahabat muda. Begitu juga karakter dan gambaran fisik Hima. Saya comot dari 'suami si Windy asli', hehehe... Kenzo? Ada yang bilang saat baca soal Kenzo, dia langsung tanggap dan bayangin kalo sosok Kenzo itu kayak her beloved hubbie. Bahkan si imut Conitta pun, ketika saya menulis tentangnya, saya membayangkan tengah menulis tentang bayi imut cantik berpipi tembem, putri sahabat saya. Sungguh, menulis fiksi itu asyik dan menyenangkan!

Banyak kekurangan yang masih ada di cerbung kali ini. Untuk yang satu ini, sudahlah saya menyerah. Kayaknya kemampuan saya memang cuma segitu-segitu aja. Itu juga Satpam Typo-nya (Bunda Enggar) selalu siaga, hihihi...

Cerbung Memburu Mr. Right ini akan tamat beberapa episode lagi. Setelah itu saya akan menayangkan ulang cerbung yang sudah pernah tayang di blog keroyokan. Rinai Renjana Ungu. Sambil memikirkan lagi kelanjutannya karena fiksi yang satu itu memang seperti ‘terpotong di tengah’. Ada kisah awalnya, ada kisah akhirnya, tapi kisah di antaranya (di tengah) belum ada.

Serial fiksi Fantasi Telepoter juga akan tayang setiap hari Selasa. Dan saya sudah menjanjikan untuk menayangkan artikel seri saya (Cluster Twenty One) dalam bentuk fiksi (saya olah lagi). Sebetulnya jadwal tayang perdananya hari ini (4 April 2015). Tapi karena belum selesai diolah, makanya saya rencanakan akan mulai mengudara Sabtu depan. Molooorrr... Biasaaa... Orang Indonesia! *tutupin muka pake bak cucian*

Akhir kata, selamat menikmati sajian Lizz. Mau fiksi? Ada di Fiksi Lizz. Mau resep sederhana? Ada di Ala Nyah Ben. Mau artikel biasa yang ngawur dan abal-abal? Ada di Aksara Lizz.

Kayaknya perlu juga ada artikel tentang jadwal tayang gitu ya, biar nggak bingung yang baca? Nanti deh saya bikin. Kalo inget.


Makasiiih...


* * *


17 komentar:

  1. Aduh,... cerita begini aja bisa mempesona. Saya nanya deh,... mamanya bu Lizz ngidam apa ya kok bisa mempesona selalu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya ngidam petasan banting *kalem* Hihihi...
      Makasih mampirnya, Mbak MM...

      Hapus
  2. Eeeeeeeaaaaaaaa si Tante pny blog baruuuuuuuuuuu....... ko td gak blng2 sih Tan???????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weee... kan nggak ada yang nanya...
      Makasih mampirnya ya, Put...

      Hapus
  3. trus...kisahku kapan diramu jd cerpen mba? ehh...:P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Japri, Mbak... Japriii...
      Makasih dah mampir...

      Hapus
  4. rupanya ada ya TETRA G versi duta..? hahaha
    lha..iki baru bisa komen
    tadi ga bisa..buk
    Nice post

    BalasHapus
  5. waah....dapat pelajaran lagi dari mbak Lis...matur nuwun mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wooo... lha ini cuma artikel nggak jelas kok, Mbak... Makasih mampirnya ya...

      Hapus
  6. "...saya ambil namanya (pinjem nggak pakai ngomong dulu sama yang punya nama. Hasilnya saya terkena ‘ancaman’ mau dikirimin invoice royalti)..."

    Siapa tuh orangnya, Mbak? Berani-beraninya dia ::)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang minta dijitak kok orangnya... hihihi...
      Makasih, Mas Ryan...

      Hapus
  7. Lhoh kan bener .... Kenzo itu .... (wakwakwakwak)
    Conitta .... (nguyel2 bayiku) ciamik mbaaaaaa

    BalasHapus
  8. Cerbung yg melibatkan teman & klrg :)
    Kreatif!
    (C)

    BalasHapus